Kamis, 28 Mei 2015

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dari Blog?






   Mungkin anda pernah mendengar beberapa blogger sukses menghasilkan puluhan juta rupiah dari blog mereka setiap bulannya. Hal itu tentu bukan isapan jempol semata, bahkan anda sendiri bisa melakukannya jika didasari dengan tekad yang kuat dan kerja keras tentunya. Sebelumnya saya minta maaf, bukan bermaksud menggurui karena saya pribadi masih belajar dan masih pemula di dunia blogging, tulisan ini semata-mata hanya untuk mengingatkan diri saya pribadi, dan syukur-syukur kalau ternyata bisa bermanfaat bagi Anda selaku pengunjung blog ini.
Kembali ke topik, “bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?”. Menguangkan blog bukan perkara yang sulit dilakukan sekarang ini, banyak publisher dan blogger yang telah berhasil menghidupi dirinya jauh diatas bayaran yang jauh diatas nilai gaji rata-rata seorang pegawai. Hal ini mengingatkan saya pada sebuah iklan roko, yang menurut saya cukup kreatif dengan kalimat pembuka “Ngantor gak harus dikantor, ngantor bisa pake kolor”. Blogging kini berubah menjadi sebuah lahan yang sangat menjanjikan untuk dijadikan sebuah pekerjaan. Namun ingat, apapun yang anda lakukan hanya akan memberikan hasil terbaik jika dilakukan dengan serius dengan tekad yang kuat.
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempreroleh uang dari aktifitas blogging, beberapa diantaranya seperti yang dijelaskan berikut ini.

Advertising Program

Anda bisa menghasilkan uang dari blog dengan berbagung dengan advertising program semisal google adsense, bidvertiser, chitika, sitti, dsb.  Anda bisa bergabung menjadi publisher program advertising tersebut dengan mendaftarkan blog anda, kemudian memasang iklan pada pada blog. Salah satu program advertising yang paling terkenal dan menawarkan bayaran yang cukup tinggi adalah Google Adsense

Affiliate Program

Cara lainnya untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan bergabung dengan program affiliasi. Program affiliasi atau dalam kata lain bisa disebut juga sebagai associate program, market sharing program, atau program referal, merupakan sebuah program marketing anda dipersilahkan untuk menjadi afilisi atau referer untuk menjual sebuah barang atau jasa. Anda akan mendapatkan komisi tertentu untuk setiap transaksi sukses yang terjadi dengan menggunakan link affiliasi anda. Beberapa contoh penyedia affiliate program diantaranya : amazon,  eBay, Commission Junction, dll

Menjual Produk

Menjual produk anda sendiri dengan membuat website Toko online bisa juga menjadi salah satu sumber penghasilan dari blog anda . Misalnya anda membuat blog tentang resep masakan. Anda bisa sekaligus menawarkan bahan-bahan atau alat masak pada halaman blog anda. Atau jika anda memiliki blog tentang hoby dan binatang peliharaan, anda bisa sembari menjual produk makanan hewan, aksesoris pet, dsb.

Review Produk

Anda bisa mendapatkan uang dengan menulis review suatu produk atau jasa. Biasa nya khusus yang satu ini banyak dilakukan oleh blogger profesional yang bekerja sama dengan pemilik merek. Namun anda juga bisa bergabung dengan linkvehicle untuk menawarkan postingan blog anda kepada para advertiser.

Menjual Slot Iklan

Menjual slot iklan di blog anda, bisa anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Anda bisa menawkan jasa untuk memasang iklan link atau banner pada blog anda. Pengiklan biasanya akan memperhitungkan jumlah UV blog anda dan keterkaitan antara konten blog anda dengan produk yang mereka tawarkan

Menjual Blog

Cara ini cukup ekstrim menurut saya terlebih jika anda hanya memiliki satu atau dua blog saja. Tapi cara terakhir ini juga bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan, anda bisa menjual blog anda, atau akun adsense anda misalnya. Saya menemukan banyak penjual akun adsense misyalnya yang menawarkan 1 akun full approve baru seharga 200-300rb. Ada saya orang yang malas membangun dari awal dan lebih memilih membeli blog yang sudah jadi untuk kemudian dikembangkan, keadaan ini juga sebenarnya bisa menjadi salah satu lahan bisnis bagi anda
Namun ingat, apapun platform yang digunakan untuk “meng-uangkan” blog, anda baru akan merasakan hasilnya jika fokus menjalaninya. Sebagian besar kegagalan blogger terjadi karena “tidak sabaran” dan cenderung menginginkan hasil yang instan.

salam Riza..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar