Kamis, 28 Mei 2015

Teknik Belajar SEO Untuk Optimasi Blog atau Website

Cara Optimasi Blog atau Website agar supaya bisa menempati halaman pertama di mesin pencari dengan kata kunci tertentu dan mendapatkan pengunjung dari mesin pencari.
Sebenarnya untuk mendapatkan pengunjung situs sangatlah mudah, Anda bisa memanfaatkan jasa periklanan seperti memasang iklan di Google Adwords, atau bisa memanfaatkan social media seperti Facebook Ads.dan tentunya kesemuanya itu membutuhkan biaya. Terus Apakah ada yang gratis? ada !, yaitu dengan membuat status Facebook dengan meninggalkan link yang mengarah pada Blog atau situs Anda tetapi itu tidak efektif karena Anda harus sering melakukan post status, dan bisa Anda bayangkan betapa capek dan juga membosankannya pekerjaan itu, dan apabila sobat tidak membuat status disocial media maka dijamin pengunjung blog Anda akan merosot.
Cara dan Pengertian SEO
Berbeda dengan menggunakan teknik SEO,Anda  bisa memperoleh pengunjung pada situs atau blog melalui mesin pencari, dan boleh dibilang teknik ini lebih efektif, karena pengunjung blog atau website Anda adalah orang yang membutuhkan informasi dari situs blog sobat, selain itu tidak membutuhkan biaya, paling biayanya koneksi internet, akan tetapi menguasai teknik SEO butuh ketekunan dan selalu update informasi, karena teknik ini selalu berjalan sesuai dengan perkembangan teknologi mesin pencari atau Algoritama Search Engine. boleh dikatakan mempelajari SEO berarti kita mempelajari teknologi Search Engine.
Untuk Anda yang baru pertama kali mendengar istilah SEO pasti asing dengan istilah tersebut. dan sekarang kita akan mengawalinya dengan pengertian dari SEO itu sendiri.

Pengertian Serta Fungsi SEO ( Search Engine Optimization )

SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization yang merupakan sebuah cara atau teknik untuk mengoptimalkan situs agar supaya situs tersebut menempati posisi halaman pertama mesin pencari atau search engine, dengan kata kunci tertentu, tujuannya agar situs atau blog kita mendapatkan banyak pengunjung atau trafik yang didapat dari mesin pencari. Apakah semua situs yang menempati halaman pertama mesin pencari memperolah banyak trafik ?, Tidak Semuanya. Kenapa, karena belum tentu kata kunci yang kita bidik itu dicari banyak orang. Bagaimana sudah jelas bukan mengenai pengertian dan fungsi dari SEO ?

Mungkin sobat komputer pernah mendengar pepatah banyak gula pasti disitu banyak semutnya, pepatah disini juga berlaku pada Dunia SEO, jadi semakin banyak orang mencari kata kunci tersebut, maka semakin ketat pula persaingan untuk mencapai halaman pertama di mesin pencari.
Ok langsung saja. Sekarang bagaimana memulai menerapkan SEO ?, syarat wajib untuk memulai SEO adalah sobat harus mempunyai blog atau situs. bisa dibayangkan kalau kita tidak mempunyai blog atau situs, terus apa yang mau dioptimasi, apa harus mengoptimasi blognya orang, heheheheh ?

Cara Mengoptimasi Blog Atau Website

Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang harus kita kuasai menurut sumber yang penulis dapatkan ada sekitar 200 Faktor yang harus dikuasai, dan yang kita bahas adalah hal - hal pokok dan paling mendasar, karena kalau kita bahas semua pastinya gak akan mencukupi. dan bisa dipastikan untuk pemula menjadi kebingungan.
Secara garis besarnya SEO dibedakan menjadi 2. OK Sekarang kita bedakan dulu  Teknik SEO itu sendiri, SEO sendiri dibagi menjadi dua bagian yaitu SEO Onpage dan SEO Offpage. dan sebelum sobat memulainya sobat harus melakukan Research Keyword atau penargetan kata kunci tertentu yang akan sobat bidik untuk dioptimalkan.

1. Pengertian dan Teknik SEO Onpage

SEO Onpage merupakan sebuah teknik optimasi website yang dilakukan di dalam situs atau blog itu sendiri, teknik yang harus dilakukan untuk SEO Onpage adalah :

a. Pemilihan Template Yang SEO Friendly.

Template atau tema blog boleh saja bagus tapi berbicara masalah SEO, tema blog yang bagus tidak menjamin kalau tema tersebut SEO Friendly, beberapa faktor tema yang SEO Friendly adalah tema atau template harus mempunyai loading yang cepat, dan juga responsivetampilan blog atau web yang akan menyesuaikan dengan besarnya luas area atau viewport ) jadi apabila Anda membuka blog melalui perangkat smartphone, tablet dan komputer, maka tampilannya akan berbeda.

b. Penempatan Kata Kunci Pada Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag

Kata kunci yang Anda target harus tercantum di Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag, dan panjang Meta Deskription maksimal 160 karekter, usahakan penempatan kata kunci berada diawal kalimat pada Meta Description.

c. Penggunaan Emphasize.

Emphasize merupakan memberi Bold, Italic, Underline, dan lain-lain pada istilah - istilah penting pada artikel sobat. tetapi jangan terlalu berlebihan.

d. Image Alt Tag Pada Gambar

Teknik ini bertujuan untuk mengotimalkan kontent yang berupa gambar pada blog atau situs Anda

e. Penulisan Kontent

Optimasi pada kontent bisa diterapkan dengan cara membuat kontent yang unik bukan hasil Copas, serta bermanfaat bagi pembacanya, sehingga pengunjung akan berlama - lama mengunjungi blog atau situs sobat, dan disarankan untuk membuat kontent dengan panjang minimal 500 kata.

f. Optimasi Pada URL

Untuk optimasi pada URL ini Anda bisa terapkan dengan menggunakan fitur edit permalink pada wordpress, dan kalau Anda menggunakan cms lainya bisa Anda cari fitur untuk mengganti permalink tersebut. dan keyword yang sobat targetkan tertera pada URL. contoh Optimasi Pada URL
Tidak teroptimasi :
http://carmudahriza.blogspot.com
Url yang teroptimasi :
http://caramudahriza.blogspot.com/2015/05/cara-mudah-membuat-blog-anda-menjadi.html

g. Membuat Relasi Antar Kontent

Apabila sobat mempunyai kontent yang relevan buatlah link yang mengarah pada kontent tersebut, salah satu contoh seperti yang di terapkan diatas. dengan membuat link Cara Membuat Website Toko Online Gratis
Itu beberapa faktor SEO Onpage yang paling pokok untuk dilakukan.

2. Pengertian dan Teknik SEO Off Page.

Pengertian SEO Off Page adalah optimasi yang dilakukan diluar situs atau blog Anda, teknik ini biasanya dilakukan dengan membuat link atau istilah kerennya Backlink yang mengarah ke situs Anda, teknik ini disebut juga dengan Link Building. Backlink ibarat NOS ( Nitrous Oxide System ) pada dunia Otomotip.
Bagaimana cara mencari backlink atau Link Building ?. bagi Andat yang masih awam mengenai dunia blog pasti timbul pertanyaan seperti itu dalam benak Anda. tetapi tidak perlu kawatir coba kita ulas sedikit mengenai Teknik SEO Off Page.
Untuk membangun backlink Anda bisa melakukanya dengan komentar di blog yang mempunyai artikel yang relevan dengan artikel sobat, aktif di Forum, submit di situs socialbookmark, membuat blog dummy atau situs / blog pendukung dan sebagainya, tapi perlu diketahui, bahwasanya Anda dilarang melakukan kegiatan spaming ( berkomentar yang tidak berguna, komentar sampah atau komentar yang isinya tidak relevan dengan isi kontent yang sobat berikan komentar ) dan intinya hanya mengejar backlink, selain itu juga jangan melakukan tukar - menukar link. karena teknologi mesin pencari semakin berkembang dan lagi gencar - gencarnya memerangi spam.  jadi carilah backlink yang berkualitas dan natural, supaya blog Anda tidak dianggap blog yang dimiliki oleh tukang spam, karena beresiko terhadap posisi blog Anda di mesin pencari, resiko lebih parahnya blog Anda akan di banned dari mesin pencari. dan perlu Anda ingat bahwasanya teknologi mesin pencari semakin hari, semakin pintar.
Mungkin itu yang bisa saya ulas mengenai Pengertian Dan Teknik Belajar SEO Untuk Optimasi Blog Atau Website, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda sekalian, dan apabila ada master SEO yang membaca artikel ini dan ingin menambahkan mengenai teknik SEO bisa ditambahkan pada bagian komentar. karena Teknik SEO merupakan sebuah ilmu yang terus berkembang mengikuti teknologi ( Algoritma ) mesin pencari yang terus berkembang pula.

salam Riza..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar